Take a fresh look at your lifestyle.

Harta Sebanyak Rp380 Triliun Hilang dalam Semalam, Kok Bisa?

0 2

Jakarta, – Memiliki harta yang banyak tentu cita-cita semua orang. Tapi bagaimana jika harta yang kita miliki sedikit saja hilang dalam hitungan semalam. Bisa dibayangkan, pasti tidak bisa tidur semalaman.

Namun apakah hal itu berlaku dengan Elon Musik, tidak bisa tidur semalaman. Tidak tahu juga sih. Pasalnya, orang terkaya di dunia ini kehilangan hartanya Rp380 Triliun dalam semalam.

Ini dikarenakan produsen mobil elektrik Tesla miliknya melaporkan kinerja buruk pada Q3 2023.

Harga saham Tesla anjlok hampir 9% pada Kamis (19/10/2023) pagi pasca pengumuman tersebut. Akibatnya, Musk yang memegang sekitar 21% saham Tesla harus mengalami penurunan 10% kekayaan yakni USD 24 miliar (Rp 380 triliunan).

Mengapa turunnya harga saham Tesla mempengaruhi kekayaan Elon Musk secara besar, ini dikarenakan sebanyak 68% total kekayaan Musk berasal dari kepemilikan sahamnya di Tesla. Anjloknya bisnis Tesla bakal jadi pukulan terbesar bagi bos SpaceX tersebut.

Faktor besar dari menurunnya harga saham Tesla disebabkan pernyataan Musk soal kondisi ekonomi global dalam temu investor (earning call), menurut para analis. Dalam kesempatan itu, ia mengatakan ‘suku bunga di AS melonjak naik’ dan mendeskripsikan situasi pasar saat ini menciptakan ‘iklim ekonomi yang menantang’.

Dengan kondisi tersebut, Musk mengatakan perusahaan akhirnya terpaksa untuk menurunkan harga produknya. Selain itu, ia juga punya harapan untuk produk baru ‘Cybertruck’ yang mulai dikirim ke pelanggan pada akhir November mendatang.

Menurut estimasi Forbes, kekayaan total Musk saat ini sekitar USD 232,2 miliar atau sekitar Rp 3.682 triliun. Ini menjadikannya kukuh menjadi orang terkaya di dunia. Demikian melansir CNBC Indonesia, Sabtu (20/10/2023).

Sumber: detik.com

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.