Take a fresh look at your lifestyle.

November, Belanja di Singapura Bisa Pakai QRIS

0 3

Jakarta, – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) akan diimplementasikan di Singapura mulai November mendatang.

Singapura akan melengkapi Thailand dan Malaysia yang sudah lebih dulu bisa menggunakan QRIS.

“Dengan Singapura, QRIS insyaallah November akan diimplementasikan. Jadi ke mana-mana tinggal bawa HP bisa menggunakan QRIS,” katanya dalam konferensi pers, Kamis (19/10/2023), mengutip CNNIndonesia.

Dalam kesempatan sama, Deputi Gubernur BI Fillianingsih Hendarta mengatakan implementasi QRIS di Malaysia dan Thailand terus meningkat baik inbound maupun outbound.

Inbound artinya turis yang ke Indonesia. Sedangkan, outbound adalah orang Indonesia yang negara tersebut.

“Ini terutama terjadi transaksinya di destinasi wisata dan daerah-daerah bisnis. Jadi di Jakarta, Bali, Jawa Timur, Jawa Barat. Kalau Malaysia Jawa Barat tinggi, turis Malaysia datang belanja dan mereka sudah pakai QRIS,” ujarnya.

Implementasi QRIS

Filia mengatakan, ke depan, implementasi QRIS akan diperluas ke negara Asia lainnya, termasuk India, Jepang, China, dan Korea Selatan.

“Kalau pergi ke negara itu, tinggal scan yang penting ada saldo di handphonenya,” katanya.

Mengutip situs resmi BI, QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan BI agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.