Take a fresh look at your lifestyle.

Israel Berang kepada Sekjen PBB, Singgung Pelanggaran Hukum di Gaza

0 5

Jakarta, – Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen marah kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres menyebut adanya pelanggaran hukum internasional di Gaza dan mendesak gencatan senjata segera.

Saat membuka sidang tingkat tinggi Dewan Keamanan PBB pada Selasa (24/10/2023) waktu setempat, Guterres mengatakan tidak ada alasan untuk kekerasan “mengerikan” yang dilakukan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober lalu, namun dia juga mengingatkan untuk tidak melakukan “hukuman kolektif” terhadap warga Palestina.

“Saya sangat prihatin dengan pelanggaran nyata terhadap hukum kemanusiaan internasional yang kita saksikan di Gaza. Biar saya perjelas: Tidak ada pihak dalam konflik bersenjata yang berada di atas hukum kemanusiaan internasional,” kata Guterres, tanpa menyebut nama Israel secara eksplisit, seperti mengutip detik.com.

Dilansir kantor berita AFP, Rabu (25/10/2023), Guterres juga mengatakan bahwa serangan Hamas “tidak terjadi dalam ruang hampa” karena Palestina telah “mengalami 56 tahun pendudukan yang menyesakkan.”

Menlu Menunjuk Arah Sekjen PBB 

Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen sambil menunjuk ke arah Sekjen PBB Antonio Guterres dan meninggikan suaranya, Cohen menceritakan kisah-kisah tentang warga sipil termasuk anak-anak yang tewas dalam serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober lalu.

“Mr Sekretaris Jenderal, Anda tinggal di dunia apa?” cetus Cohen.

Menolak untuk mengaitkan kekerasan Hamas tersebut dengan pendudukan, Cohen mengatakan Israel telah memberikan Gaza kepada Palestina “hingga milimeter terakhir” dengan penarikan mundurnya pada tahun 2005.

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.