Take a fresh look at your lifestyle.

Tiga Orang Ini Spesial, Bebas Bepergian ke Luar Negeri Tanpa Paspor

0 2

JAKARTA, INISATU. Kita wajib memiliki paspor saat ke luar negeri Namun, hal itu tidak berlaku bagi tiga orang ini, bepergian ke luar negeri tanpa membutuhkan paspor.

Siapa mereka? Mengutip CNNIndonesia, tiga orang spesial itu antara lain Raja Charles III dari Inggris Raya, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dari Jepang.

Dengan keistimewaan itu, mereka tidak perlu lagi membawa paspor saat ke luar negeri. Hak istimewa ini berlaku juga untuk raja dan ratu pendahulunya.

Sebaliknya, kemudahan ini tidak berlaku bagi Istri Raja Charles III, Permaisuri Camilla, yang masih memerlukan paspor untuk perjalanannya ke luar negeri.

Selain ketiga orang dengan hak spesial tadi, pihak keluarga terdekatnya pun tetap membutuhkan paspor diplomatik untuk untuk bepergian menggunakan pesawat.

Bagi Jepang, aturan bepergian tanpa paspor untuk kaisar dan permaisurinya ini sudah ada sejak 1971.

Berdasarkan instruksi kementeriannya, akses tanpa paspor ini diterapkan karena dianggap tidak patut untuk membuat keturunan langsung Dewi Matahari Amaterasu menggunakan prosedur imigrasi umum seperti manusia biasa lainnya.

Sementara raja atau ratu yang sedang berkuasa di Inggris diberi dispensasi untuk tidak menggunakan paspor saat pergi ke luar negeri.

Dengan adanya peraturan privilese ini, pengaturan perjalanan dan koordinasi terperinci antara pejabat tinggi dan negara yang terlibatnya ini dinilai dibutuhkan.

Penanggung jawab bagi logistik dan perjalanan Raja Charles III dibantu oleh sekretaris pribadinya, yaitu Sir Clive Alderton. Sedangkan penanggung jawab urusan perjalanan luar negara bagi kaisar dan permaisurinya adalah pihak Kementerian.

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.