Take a fresh look at your lifestyle.

Bidik Reputasi Global, USU Gelar Workshop Penulisan QS News

0 3

MEDAN    – Prodi Sosiologi Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar workshop penulisan QS News di gedung FISIP USU pada Selasa (14/11/2023) dengan tujuan membidik posisi USU sebagai World Class University.

Workshop ini, yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik Prodi Sosiologi, bertujuan untuk mendongkrak pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor USU yang terkait dengan pemberitaan di media internasional.

Dalam sambutannya, Kepala Prodi Sosiologi Drs. T. Ilham Saladin M.Si menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan reputasi global USU, terutama melalui pemberitaan di media internasional seperti QS News. Dr. Ilham menyatakan bahwa ini adalah pelatihan pertama kali yang dilakukan di lingkungan USU dengan fokus pada penulisan berita untuk meningkatkan citra universitas.

Pelatihan dipandu oleh akademisi Prodi Antropologi USU, Dr. Fotarisman Zaluchu, yang memberikan wawasan tentang pentingnya pemberitaan kinerja dosen dan mahasiswa di QS News. Dr. Fotarisman menjelaskan pendekatan penulisan berita dengan akronim FOTA (Fokus, Orientasi, Tuliskan detail, Akhiri), memberikan contoh dan panduan kepada peserta.

Peserta workshop terlihat antusias mengikuti pelatihan, yang diakhiri dengan penugasan untuk menyusun berita-berita kegiatan Prodi Sosiologi. Sekretaris Prodi Sosiologi Dra. Linda Elida M.Si menyatakan bahwa kegiatan ini akan di-follow up dengan menghasilkan setidaknya tiga berita yang dikirimkan ke QS News sampai akhir tahun.

Peserta, baik dosen maupun mahasiswa, menyatakan bahwa kegiatan ini memotivasi mereka. Selanjutnya, mereka berencana untuk membentuk peer-review antar sesama dosen dan mahasiswa, sehingga berita-berita yang dihasilkan dapat lebih terasah dan berkualitas.

Sekretaris Prodi Sosiologi Dra. Linda Elida M.Si menegaskan bahwa Prodi Sosiologi akan terus aktif memberdayakan dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas dan reputasi, serta berkomitmen mengirimkan berita-berita berkualitas ke QS News. (*/red)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.