Take a fresh look at your lifestyle.

Kadisdikbud Palas Buka Semarak Karya P5 di SDN 0102 Sibuhuan

0 4

PALAS – Semarak dan penuh semangat, begitulah suasana pelaksanaan gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang digelar oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 0102 Sibuhuan, Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Pasar asibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), di halaman sekolah setempat, Rabu (13/12/2023).

Dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kearifan lokal, Membangun Budaya, Menciptakan Karya, Mengkuir Prestasi Bersama”.

Kegiatan selain dihadiri Kadisdikbud Palas Hj. Rosida Wati Suriani, S.Pd bersama jajarannya juga Pengawas Sekolah Marlinuddin Nst, S.P.d I, Kasek SDN 0102 Sibuhuan, Zerminah Siregar, S.Pd.I., Ketua Komite, Atas Siregar, Tim Kesehatan dari Dinkes Palas, kepala SDN 0101 Sibuhuan Hariman Hasayangan Rangkuti, S.Pd, dan bapak dan ibu kasek lainnya, para pengawas lingkungan gugus Kecamatan Barumun serta undangan yang hadir.

Gelar karya P5 ini bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa observasi belajar dari lingkungan sekitar sesuai dengan tema kurikulum merdeka. Kali ini tema yang diusung dalam gelar karya P5 ini adalah Bhineka Tunggal Ika “Ayo Bergerak Bersama” untuk membangun dimensi profil pelajar pancasila berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif.

Kadisdikbud Palas Hj. Rosida Wati Suriani, S.Pd, lmengapresiasi terselenggaranya kegiatan gelar karya P5 tahun 2023. Mengingat SDN 0102 Sibuhuan merupakan salah satu pelaksana sekolah penggerak di Kabupaten Palas angkatan pertama.

“Tahun ini penyelenggaraannya yang melibatkan kelas 1, 2, 4 dan 5. Mudah-mudah, ketika sudah pelaksanaan yang kedua untuk sementara akan lebih baik dan lebih sempurna sesuai Arah kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Mendikbudristek RI,” ucap Rosida Wati .

Menurutnya, sekolah penggerak yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Palas telah banyak perkembangan dan kemajuan terutama dari sisi kemampuan peserta didik, karakter/pengembangan diri dan lain sebagainya. Disampaikan Rosida Wati, bahwa Kurikulum Merdeka ini berpusat pada potensi peserta didik yang berdampak positif pada semangat belajar anak khususnya di era program pendidikan saat ini.

Ini membangkitkan semangat belajar peserta didik baik di dalam maupun di luar kelas. Dimana kita mengetahui bersama bahwa anak-anak belajar di lingkungannya, belajar secara kontekstual dan berkolaborasi sesama peserta didik yang lain dan serta kompak. Kebanggan juga dirasakan oleh guru dan orang tua yang hadir,” tegasnya.

Kepala Sekolah SDN 0102 Sibuhuan mengaku bersyukur, bahwa pelaksanaan gelar karya P5 yang digelar keluarga besar SDN 0102 Sibuhuan ini bisa berjalan lancar. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai puncak perayaan beberapa kegiatan proyek yang sudah dilaksanakan peserta didik selama satu semester tahun ajaran 2023.

“Adapun dalam kegiatan ini, kami berupaya mendorong anak-anak memiliki karakter profil pelajar pancasila diantaranya beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memunculkan sikap untuk berkebhinekaan global, mampu berdoa kreatif atau memunculkan ide baru,” terang Zerminah.

Selanjutnya, Zerminah berharap gelar karya tema berikutnya, anak-anak SDN 0102 Sibuhuan tetap memiliki karkater yang sudah ditanamkan sebagai bekal kehidupan kelak mereka. Pihaknya menyebutkan, dalam gelar karya ini, anak-anak didik menampilkan berbagai kegiatan kreatif dan inovatif yang menunjukkan kebhinekaan sesuai tema yang diusung, diantaranya Upacara Nasional, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu P5, menari Kreasi Etnis Batak Kolaborasi Kelas VI Tari Pancasila kelas IB.B, Tor-tor SDN 0102 Sibuhuan, menyanyikan lagu-lagu daerah, Puisi, dari Kelas V.A, Puisi P5 oleh kelas IV.B, Persentasi P5 tentang “Bahaya dari sampah plastik oleh kelas III.A., dan bermain peran kelas dari kelas 1.C sesuai bakat dan minat mereka.

“Yang lebih esensi dari kegiatan gelar karya ini adalah anak-anak tetap bisa menanamkan jiwa karakter yang telah melaksanakan salam kegiatan proyek sebagai bekal mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu, mewakili orang tua murid, Hariman Hasayangan Rangkuti, S.Pd sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan dan motivasi setinggi-tingginya kepada Kepala SDN 0102 Sibuhuan, dan agar kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan.

“Karena kegiatan ini merupakan bentuk miniatur dari kegiatan lanjutan kehidupan untuk anak-anak kita kedepan baik itu dibidang teknik, bidang boga, bidang seni maupun bidang lainnya yang tentu perlu diapresiasi dari awal,” ungkapnya.

Di kesempatan sama, Ketua Komite Atas Siregar mengatakan, pertama gelar karya ini kita apresiasi sebagai sekolah penggerak, ini adalah momentum bersejarah bagi sekolah di Kabupaten Palas karena SDN 0102 Sibuhuan ini satu diantara sekolah yang sangat sedikit menjadi sekolah penggerak.

“Hal ini telah ditunjukkan oleh SDN 0102 Sibuhuan sebagai salah satu contoh yamg baik, tentu kita harapkan diikuti oleh sekolah sekolah yang lainnya,” harap Atas Siregar. (sumber: metrojurnal.com)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.