Take a fresh look at your lifestyle.

Kepsek SMK N Simanindo: Lebih Menguntungkan Masuk ke SMK

0 0

SAMOSIR (.COM) – Untuk siswa/i yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan sesudah lulus dari SMP, sebaiknya berpikir dulu mau melanjutkan ke SMA/SMK.

Para lulusan SMP lebih baik melanjutkan pendidikan ke Sekolah Kejuruan atau SMK. Hal ini untuk dapat mempermudah membuka lowongan pekerjaan atau berusaha secara mandiri.

Hal ini dibenarkan Kepala SMK Negeri Simanindo, Perry Sagala pada awak media lewat telepon selulernya, Rabu (24/4/2024) di Samosir.

Dengan memilih SMK bisa langsung bekerja setelah lulus dan memiliki keahlian khusus. Pastinya semua orang tua atau bahkan siswa itu sendiri ingin masuk di sekolah lanjutan yang menjanjikan.

Lanjut dia, perbedaan dari SMA dan SMK dari segi tujuan utama semuanya sama. Namun sebagai tujuan utamanya yaitu sama-sama untuk mencari ilmu. SMA dan SMK memiliki setiap keunggulan yang sangat menonjol dalam pelajaran bidang studi dan tujuan lainnya bagi siswa.

Ditambahkan Perry lagi, bahwa SMK itu memiliki keistimewaan maupun kelebihan tersendiri yaitu,
menguasai keahlian kejuruan.
Setiap SMK pastinya memiliki jurusan yang berbeda-beda. Bila kita mencari sekolah SMK, sebaiknya memilih sekolah yang memiliki jurusan yang kita minati. Tentunya guru yang akan mendidik di SMK lebih mengutamakan pelajaran jurusan dari pada pelajaran lain.

Waktu belajar pelajar SMK sama saja dengan SMA, namun untuk pelajaran teori praktik siswa SMK lebih unggul, di karenakan adanya praktek di lapangan

Pelajaran praktik lebih Diutamakan.
Pelajar SMK lebih mengutamakan teori praktik daripada tulis, hal tersebut karena siswa SMK ditargetkan dalam pelajaran kejuruan yang memang harus banyak dipelajari untuk teori praktik. Pelajaran siswa SMK yakni sama saja seperti pelajar SMA, yang jadi kelebihannya, siswa SMK memiliki tambahan pelajaran keahlian dan mempunyai teori lebih banyak daripada pelajaran lainnya.

Merasakan praktik kerja langsung.
Hal yang dirasakan oleh pelajar SMK yakni akan diwajibkan melakukan praktik kerja industri (prakerin). Praktik ini memang harus dikerjakan apabila ingin lulus dengan nilai yang bagus. Prakerin akan dilakukan oleh pelajar SMK ketika duduk di bangku kelas XI, namun ada juga sekolah lain yang melaksanakan prakerin di kelas XII.

Juga siap untuk bekerja setelah lulus SMK. Peluang membuka usaha lebih mudah.

Untuk itu kita berharap para lulusan SMP agar lebih mengedepankan keahlian untuk mempermudah mencari atau membuka pekerjaan. SMK N Simanindo yang terbagi dua jurusan yakni Tata Boga dan Perhotelan yang siap memberikan pelatihan praktri di perhotelan dan tata boga. Siswa di didik agar mampu membuka usaha atau siap bekerja di perhotelan.

“Hal ini juga ratusan siswa telah berhasil bekerja di perhotelan tingkat nasional bahkan internasional dan ada yang sudah berhasil membuka usaha hingga saat ini,” tutup Perry Sagala. (JB Rumapea)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.