Take a fresh look at your lifestyle.

BSI Maslahat dan BSI Selenggarakan TTICKMI Batch 2

0 2

JAKARTA  – BSI Maslahat bekerja sama dengan BSI, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Yayasan Al Washiyyah kembali menyelenggarakan Training Intensif Calon Khotib Muda Indonesia (TICKMI) Batch 2, Selasa-Rabu (19-20 Desember 2023) di Hotel Gren Alia Jakarta .

Tema acara ini adalah “Menjadikan Indonesia Bermartabat, Melalui Khatib Yang Kompeten dan Profesional”.

Acara dibuka oleh Komisaris Utama BSI, Muliaman Hadad. Turut hadir dalam acara ini Anggota Dewan Pengawas Syariah BSI sekaligus Pembina dari Yayasan Al Washiyyah, KH. Mohamad Hidayat; Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH. Cholil Nafis; dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro.

Dalam sambutannya, Komisaris Utama BSI Muliaman Hadad berharap kedepan pelatihan serupa dapat diselenggarakan tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota lain di Indonesia bekerja sama dengan berbagai organisasi terkait.

“Opsi kedua, agar pelatihan ini dapat dilaksanakan di luar negeri, karena banyak masjid masjid di luar negeri yang masih kekurangan Khotib terdidik dengan latar belakang yang sesuai,” ujarnya,Rabu (20/12/2023).

Sementara itu, KH. Cholil Nafis berharap dengan adanya pelatihan ini, materi khutbah yang disampaikan tidak hanya bersifat ukhrowi tapi juga menyentuh aspek keuangan syariah.

“Ini kita bisa jadikan jalan untuk meningkatkan literasi umat Islam yang masih rendah terkait ekonomi syariah,” tuturnya.

Adapun KH. Mohamad Hidayat menekankan urgensi pelatihan khotib ini mengingat kebutuhan khotib yang sangat besar di Indonesia.

“Dengan adanya pelatihan ini harapannya masjid masjid di seluruh Indonesia khususnya di pelosok pelosok tidak kekurangan sumber daya khotib yang terdidik, karena, jika ada suatu masjid kekurangan khotib itu dosanya kita juga dapat,” paparnya.

Tujuan dilaksanakannya TICKMI antara lain untuk meningkatkan kompetensi khotib, kualitas dai dalam berdakwah, serta menarik minat umat Islam dalam kegiatan dakwah melalui khutbah Jumat.

Peserta pelatihan juga dibekali dengan materi public speaking, Adab khutbah, hingga menulis naskah khutbah.

TICKMI Batch 2 diikuti oleh 50 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta yang terpilih dari berbagai latar belakang pendidikan terutama pendidikan agama Islam dan dakwah.

Setelah mengikuti TICKMI, diharapkan para peserta dapat menjadi khotib yang kompeten dan profesional. Mereka diharapkan dapat menyampaikan khutbah yang sesuai dengan rukun dan syaratnya, serta dapat menarik perhatian jamaah.

BSI Maslahat adalah lembaga Zakat mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam menguatkan ekosistem ekonomi syariah.(red)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.