Take a fresh look at your lifestyle.

Harga Emas Anjlok Di bawah $2.000, IHSG Dan Rupiah Juga Terpuruk Pada Perdagangan Hari Ini

0 1

MEDAN  – Kinerja sejumlah indeks bursa di Asia, pada perdagangan jelang penutupan berbalik ditutup menguat.

Namun IHSG pada perdagangan hari ini yang berada di teritori negatif selama sesi perdagangan, juga ditutup melemah di sesi penutupan. IHSG anjlok 0.99% di level 7.088,79 pada penutupan perdagangan hari ini. IHSG bergerak anomali jika dibandingkan dengan kinerja kebanyakan bursa saham di Asia,ungkap Gunawan Benjamin,Pengamat Ekonomi Sumut di Medan,Senin (11/12/2023)siang.

Meski demikian, lanjut Gunawan asing justru membukukan transaksi beli bersih senilai 1.6 Triliun ditengah tekanan kinerja pasar saham pada hari ini.

“Disisi lainnya,kinerja mata uang rupih terpantau melemah dari sesi pembukaan hingga penutupan perdagangan. Bahkan mata uang rupiah tidak beranjak jauh dari sesi perdagangan pagi di level 15.610 per US Dolarnya,”ujarnya.

Katanya,baik IHSG dan rupiah sama-sama terkoreksi, dimana rupiah tertekan seiring dengan kenaikan imbal hasil US Treasury belakangan ini.

“Disisi lain, kekuatiran pelaku pasar juga meningkat sekalipun The FED diproyeksikan akan tetap mempertahankan besaran bunga acuannya. Akan tetapi nada hawkish yang sedikit saja mencuat bisa merubah segalanya,”ucap Gunawan.

Sementara itu, lanjut Gunawan harga emas pada perdagangan hari ini masih melemah dikisaran $1.994 per ons troynya. Harga emas terpuruk jelang rilis data inflasi AS, ditambah kekuatiran jelang keputusan besaran bunga acuan The FED.

“Sejauh ini harga emas terpuruk setelah rilis data ketenaga kerjaan di AS, yang memupuskan ekspektasi bahwa The FED tidak akan menurunkan bunga acuan paling cepat bulan maret 2024 mendatang,”ungkap Gunawan.

Gunawan menambahkan, data ketenaga-kerjaan tersebut yang menjadi pemicu ekspektasi bahwa kemungkinan kenaikan bunga acuan The FED masih berpeluang terjadi. Yang berdampak pada melemahnya kinerja indeks saham pada hari ini serta melemahnya mata uang Rupiah,pungkasnya.(sumber: metrojurnal.com)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.