Take a fresh look at your lifestyle.

Pasar Keuangan Kompak Menguat, Harga Emas Lanjutkan Penguatan

0 0

MEDAN (HARIANSTAR.COM) – Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Banjamin menyebutkan, IHSG ditutup menguat 0.6% di level 7.373,96. Kinerja IHSG pada perdagangan hari ini sedikit berbeda dengan kebanyakan kinerja bursa di Asia yang mengalami pelemahan.

Ditengah penguatan IHSG pada hari ini, asing juga membukukan transaksi beli bersih senilai 507 milyar. Kinerja IHSG yang menguat di hari ini, menimbulkan kekuatiran bahwa akan terjadi koreksi teknikal pada perdagangan besok, katanya kepada HarianStar di Medan, Jumat (8/3/2024) siang.

Sementara itu, lanjut Gunawan kinerja mata uang Rupiah juga ditransaksikan menguat di level 15.650 per US dolar pada penutupan hari ini.

“Pelaku pasar masih optimis bahwa sekalipun pidato Gubernur Bank Sentral AS tidak memberikan gambaran secara spesifik terkait pemotongan bunga acuan. Namun pasar sangat yakin bahwa The FED tetap akan memangkas besaran bunga acuannya di tahun ini, ” Ujarnya.

Selain itu, pasca pidato bank sentral AS, kinerja US Dolar terpantau mengalami pelemahan terhadap sejumlah mata uang di kawasan asia. Secara keseluruhan pasar menilai bahwa harapan akan pemangkasan bunga akan tetap terjadi di tahun ini. Dan sejauh ini pidato bank sentral AS menjadi kabar positif bagi kebanyakan mata uang di Asia.

Harga emas pada sesi perdagangan sore ini juga mengalami penguatan. Harga emas mampu menembus level $2.150 per ons troy. Harga emas terpantau mengalami penguatan ke level $2.155 per ons troy. Kenaikan harga emas dunia tersebut tentunya akan mendongkrak kenaikan harga emas domestik,pungkas Gunawan. (jae)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.