Take a fresh look at your lifestyle.

Pengamat Ekonomi : IHSG Dan Rupiah Ditutup Melemah Di Awal Pekan, Harga Emas Bergerak Sideways

0 4

MEDAN  – Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin mengatakan,IHSG ditutup melemah 0.99% atau turun 71.46 poin di level 7.119,53.

Dimana investor Asing membukukan transaksi beli bersih senilai 1.1 Triliun pada perdagangan hari ini. Kinerja pasar saham di bursa asia juga banyak yang ditutup melemah. Minimnya rilis ekonomi pada hari ini membuat pasar saham lebih banyak dilanda aksi profit taking memanfaatkan penguatan sebelumnya, katanya di Medan,Senin (18/12/2023) siang.

Pada perdagangan besok, pasar saham juga belum mendapatkan gambaran arah yang jelas kemana IHSG akan bergerak natinya.

“Akan tetapi jika melihat secara teknikal, IHSG berpeluang untuk bergerak dalam rentang 7.100 hingga 7.130 seiring dengan masih minimnya sentimen perdagangan pada esok hari. Faktor teknikal ini menjadi penggerak IHSG setidaknya hingga perayaan tahun baru usai nantinya,” jelas Gunawan.

Sementara itu, lanjut Gunawan mata uang rupiah pada perdagangan hari ini juga ditutup melemah di level 15.505 per US Dolar. Setelah rupiah sempat melemah hingga menembus level 15.550 per US Dolar.

Rupiah melemah meskipun dari sisi imbal hasil US Treasury juga melemah pada hari ini. Demand atau permintaan rupiah memang berpeluang meningkat menjelang tutup akhir tahun,ujarnya.

Yang mengakibatkan US Dolar kerap mengalami penguatan dan menekan kinerja mata uang Rupiah. Secara fundamental, mata uang US Dolar pada dasarnya tidak memiliki dorongan untuk menguat lebih jauh seiring dengan rencana pemangkasan bunga acuan.

“Namun kinerja mata uang rupiah tidak sepenuhnya akan tergantung dengan fluktuasi pada nilai tukar US Dolar dari sisi eksternal,” kata Gunawan.

Gunawan menambahkan,faktor fundamental dari tanah air juga akan menjadi penentu bagaimana kinerja mata uang rupiah nantinya. Dan sejauh ini, fundamental ekonomi masih mampu menyokong kinerja mata uang rupiah hingga tahun depan.

Disisi lain, harga emas terpantau bergerak stabil dengan sedikit menguat di level $2.023 per ons troy dibandingkan dnegan kinerja harga emas pada sesi perdagangan pagi,pungkas Gunawan.(jae)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.