Take a fresh look at your lifestyle.

Sehari Jelang Pemilu, IHSG dan Rupiah Melemah Tajam

0 5

MEDAN  – Kinerja IHSG memburuk dan diperdagangkan dalam rentang harga yang sangat tajam pada perdagangan hari ini.

IHSG yang sempat menguat di atas 7.300 di sesi perdagangan pagi, berbalik arah dan langsung menukik tajam dan sempat menyentuh 7.197.83. Sisanya IHSG bergerak di zona merah hingga akhirnya diutup turun 1.2% di level 7.209,74,jelas Gunawan Benjamin,Pengamat Ekonomi Sumut, di Medan,Rabu (14/2/2024)siang.

IHSG bergerak cukup liar sekalipun bursa di Asia mayoritas mampu diperdagangkan di zona hijau. Seperti yang dikuatirkan sedari awal, pemilihan suara yang akan dilakukan besok memicu terjadinya fluktuasi yang sangat tajam pada kinerja IHSG.

Dan tekanan lanjutan bisa saja terjadi setelah pemilihan berlangsung nantinya. Telebih jika hasil quick count tidak sesuai dengan harapan pelaku pasar,tambah Gunawan.

Sementara itu,lanjut Gunawan kinerja mata uang rupiah juga berbalik melemah setelah sempat menguat di sesi pembukaan perdagangan.

Namun mata uang rupiah kembali berada di zona hijau dan ditutup menguat di level 15.590 per US Dolar, bahkan rupiah sempat melemah hingga di kisaran level 15.630 per US Dolarnya. Pada hari ini ada rilis data indeks keprcayaan konsumen yang naik menjadi 125 dari 123.8,ujarnya.

Disebutkan Gunawan,walaupun data lain yang dirilis dari tanah air ada yang memburuk. Data penjualan mobil di bulan januari pada bulan januari secara tahunan melanjutkan pertumbuhan -26.1%. Disisi lainnya, kinerja harga emas di perdagangkan menguat di level $2.026 per ons troy nya.

“Harga emas bergerak menguat seiring melemahnya kinerja US Dolar terhadap sjeumlah mata uang di asia,” pungkasnya.(jae)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.