Take a fresh look at your lifestyle.

Wisata Bakul Tani Pangkalan Susu, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

0 3

LANGKAT – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH menghadiri Grand Opening Wisata Bakul Tani bertempat di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu (14/1/2024).

Wisata Bakul Tani buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB. Untuk UMKM makanan tradisional ada setiap hari Minggu mulai pukul 08:00- 11:00 WIB. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut hubungi melalui Instagram, @Wisatabakultani.

Wisata Bakul Tani Desa Tanjung Pasir ini dibangun oleh kelompok swadaya masyarakat desa Tanjung Pasir. Wisata ini seluas 3,5 Ha dengan danau seluas 2,5 Ha yang dimanfaatkan untuk wisata air dan pengembangbiakan ikan. Dalam wisata ini juga terdapat puluhan UMKM yang menjual makanan tradisional.

Kepala Desa Tanjung Pasir Faisal Reza, S.T, S.H menyampaikan, tujuan pembangunan objek Wisata Bakul Tani. Bagaimana warga sekitar wisata bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tanjung Pasir.

Ia juga menyampaikan, Grand opening Wisata Bakul Tani sampai pukul 15:00 WIB sudah menghasilkan 32 juta.

“Alhamdulillah sampai dengan pukul 15:00 WIB sudah menghasilkan 32 jt. Ini merupakan perputaran uang yang sangat baik. Semoga ini terus berlanjut sehingga masyarakat sekitar sini sejahtera,” harapnya.

Agung Tritantyo,S.STP,M.AP Camat Pangkalan Susu mengembangkan lahan tidak terpakai menjadi objek wisata. Melihat suatu lahan yang tidak potensial, pihaknya bersama Kepala Desa dan masyarakat desa Tanjung Pasir bergerak untuk membuat ini menjadi bermanfaat dan menjadikan income masyarakat sekitar.

“Nantinya untuk pengembangan, kami akan kordinasikan ke dinas perikanan agar lebih terarah untuk mengembangkan danau ini,” ujarnya.

Plt. Bupati merasa sangat bangga kepada Camat Pangkalan Susu, Kepala Desa dan masyarakat Desa Tanjung Pasir.

“Saya sangat bangga dibangunnya wisata ini. Ini yang saya harapkan dari Kepala Desa ada inisiatif punya kreativitas. Nantinya ini pasti akan berdampak pada pertumbuhan/peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” ucapnya.

Afandin menyebutkan, Pangkalan Susu akan dibangun pelabuhan dan kawasan industri. Ia berharap wisata ini dapat memanfaatkan moment tersebut agar menjadi iconic Pangkalan Susu.

“Nantinya di Pangkalan Susu akan dibuat kawasan industri dan pelabuhan, otomatis lebih banyak masyarakat datang ke Pangkalan Susu ini. Nantinya saya harapkan wisata ini menjadi icon di Kecamatan Pangkalan Susu,” harapnya.

“Saya lihat penerangan disini masih kurang, saya sudah kordinasi dengan dinas perhubungan nanti saya akan bantu 70 titik penerangan untuk lebih menarik simpati dari masyarakat untuk berwisata kesini,” sambungnya.

Selanjutnya Afandin membuka secara resmi wisata Bakul Tani Tanjung Pasir.

Dalam peresmian itu juga Plt. Bupati melepas ribuan bibit ikan Gurami yang diharapkan dapat menjaga ekosistem air dan masyarakat gemar memakan ikan.

Turut Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat H. Amril Nasution, S.Sos, M.Ap, FM. PT. Pertamina Pangkalan Susu Bpk. kuat, PT. PLN Indonesia power Syawal, Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun S.STP, Kadis Perikanan dan Kelautan Drs. T. M. Auzai, Kabag Umum H. Mahardhika Sastra Nasution, S.STP,MAP.

Juga Kabag Protokol Winanda Akbar, S.STP, Camat Pangkalan Susu Agung Tritantyo,S.STP,M.AP, Mewakili Kadis Kominfo, Kabid IKP M.Faisal, SE, M.I Kom, Forkopim Kecamatan Pangkalan Susu, Seluruh Kepala Desa Se-Pangkalan Susu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat. (LKT)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.