Take a fresh look at your lifestyle.

BKKBN Sumut Laksanakan Advokasi Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

0 13

SIMALUNGUN (METROJURNAL.COM) – Perwakilan BKKBN Sumut melaksanakan Advokasi Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kampung Keluarga Berkualitas.

Kegiatan serentak di Indonesia itu, dilaksanakan di aula Yonif 122/TS, Simalungun, Senin (10/6/2024).

Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menilai kegiatan yang dilaksanakan itu cukup baik.

Ia berharap, semoga dengan kegiatan dan kunjungan ini stunting di Simalungun bisa tambah turun secepatnya yang saat ini 17,7 persen.
“Dari program PKK, kami akan turun melihat setiap dasa wisma atau kader kader kami agar bagaimana menurunkan stunting secepatnya,” katanya yang juga istri Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Disinggung mengenai anggaran untuk pencegahan dan penurunan stunting, Ratnawati mengatakan kalau masyarakat Simalungun itu banyak. Ada 32 kecamatan tentu anggaran masih kurang. Karenanya, ia meminta provinsi agar lebih memperhatikan lagi untuk menurunkan kasus stunting di Simalungun.

Ia juga meminta kepada masyarakat, mari sama sama untuk bagaimana caranya menurunkan stunting. Makan makanan yang sehat dan bergizi.

Sementara Istri Danyon 122/TS Ny Diki Afriadi mengatakan, tidak ada kasus stunting di Yonif 122/TS.
“Kita mengadakan Posyandu dan memberikan PMT,” katanya yang juga Ketua Persit Chandra Kirana Yonif 122/TS.

Dalam kegiatan itu juga, dilaksanakan Zoom Meeting bersama Pj Gubsu Hassanudin yang melaksanakan kegiatan serupa di Langkat.

Pj. Gubsu menyampaikan, stunting tidak hanya berpengaruh pada tumbuh kembang anak tetapi juga kepada masa depannya.
“Salah satu upaya efektip aktivasi dan optimalisasi Posyandu 100 persen. Pentingnya kesehatan sejak dini pada anak. Mari sama sama berkomitmen jadikan Sumut yang sehat,” ujar Pj. Gubsu.

Kepala BKKBN Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam zoom meeting itu menyampaikan, pemerintah sangat fokus terhadap stunting. Hari ini dilakukan intervensi serentak.

Menurutnya, perlunya intervensi serentak untuk mengatasi penurunan stunting. Pentingnya mencegah lahirnya anak stunting.

Hasto Wardoyo juga menyampaikan, sesuai arahan Wapres Makruf Amin yaitu perhatian penting antara lain fokus kepada sasaran yang super prioritas, fokus wilayah garapan untuk kab/kota yang paling berdampak.

Usai mengikuti zoom meeting, Ketua TP PKK Kab. Simalungun Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga di dampingi Ketua Persit Chandra Kirana Yonif 122/TS Ny Diki Afriadi, perwakilan BKKBN Sumut Marissa Yanti dan lainnya meninjau pelaksanaan Posyandu di Posyandu Flamboyan Yonif 122/TS.

Dalam kunjungan itu, Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga melihat langsung penimbangan bayi dan memberikan PMT pada Balita.

Kegiatan itu juga dihadiri Kadis PMD Dukcapil Provsu H. Parlindungan Pane, TP PKK Provsu Siti Kasiyah Ginting, Kadis PPKB Simalungun Ginrood Sinaga, perwakilan Dinkes Sumut, perwakilan BKKBN Sumut dan lainnya. (YS)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.