Take a fresh look at your lifestyle.

RSU Haji Beri Pelayanan Kesehatan Gratis, Banyak ASN Hipertensi

0 1

MEDAN (METROJURNAL.COM) – Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan menurunkan tim kesehatan ke Poli Khusus Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut) untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pelayanan kesehatan ini meliputi pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol, dan pengecekan tekanan darah.

Dokter Umum RSU Haji Medan, dr. Dara Fauziah mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan dari tanggal 10 – 14 Juni 2024.

Pemeriksaan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) RSU Haji Medan ke-32 yang diperingati setiap tanggal 4 Juni setiap tahunnya.

“Kegiatan ini berlangsung dari 10 Juni sampai 14 Juni. Acara ini diselenggarakan oleh RSU Haji Medan dalam rangka ulang tahun, dan kali ini kita prioritaskan pemeriksaan untuk pegawai Pemprov Sumut. Namun, pada kegiatan donor darah nanti, masyarakat umum juga bisa datang dan ASN bisa melakukan donor darah,” katanya pada Selasa,  (11/6/2024).

Dara juga menyebutkan, antusiasme ASN untuk melakukan pemeriksaan kesehatan cukup tinggi. Pada hari pertama saja, ada 40 ASN yang dilayani. Selain memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan, pihak RSU Haji Medan juga menyediakan obat-obatan dan vitamin secara gratis jika pasien membutuhkannya.

“Kami menyediakan obat-obatan seperti obat tensi, kolesterol, asam urat, dan semua gratis. Vitamin juga kami sediakan. Kami memberikan obat sesuai kebutuhan pasien. Bahkan ada pelayanan gigi juga. Bagi pasien yang ingin melanjutkan pengobatan, kami juga memberikan saran dan rujukan ke dokter yang tepat,” jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya pemeriksaan dini, terutama karena banyak pegawai di lingkungan Pemprov Sumut yang berusia di atas 40 tahun. “Banyak hasil pemeriksaan menunjukkan hipertensi. Jika ada keluhan seperti kebas-kebas, perlu melakukan kontrol kesehatan mulai sekarang. Apalagi bagi bapak-bapak yang merokok dan minum kopi, sebaiknya mulai menguranginya dan rutin memeriksakan kesehatan,” harapnya.

Salah seorang ASN, Budi, menyatakan sangat senang dengan adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan ini. Ia mengaku sangat terbantu. “Dengan kegiatan ini, ASN di lingkungan Pemprov Sumut sangat terbantu untuk mendeteksi penyakit ringan dan berat,” katanya, yang memeriksakan kesehatannya karena sering mengalami pegal-pegal di tubuhnya. (YS)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.