Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Samosir Ajak Masyarakat Desa Pardomuan Nauli, Gunakan Pupuk Organik

0 1

SAMOSIR – Bupati Samosir Vandiko T Gultom melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik sebagai solusi antisipasi keterbatasan subsidi pupuk kimia.

Berharap dapat mandiri dalam pembuatan pupuk organik sehingga kebutuhan pertanian dapat terpenuhi.

Hal ini dibenarkan Bupati kepada masyarakat saat berkantor di Desa Pardomuan Nauli, Selasa (31/1/2024) di Palipi.

Selain pelatihan, Bupati juga memberikan bantuan pupuk organik secara stimulan sebagai perangsang kepada kelompok tani, dan dipastikan mendapat bantuan pupuk organik guna mendukung kemandirian masyarakat.

“Saya instruksikan agar Kepala Desa (Kades) mengalokasikan 20 persen dari dana desa untuk ketahanan pangan, dapat dibelanjakan untuk pembelian alat pencacah,” tegasnya.

Berkantor di desa Pardomuan Nauli, Bupati langsung mengecek kehadiran Kades beserta perangkatnya. Memastikan pelayanan berjalan baik kepada masyarakat. Ditegaskan, Kades dan BPD harus berkomunikasi baik mengutamakan masyarakat.

“Inilah fungsinya Bunga Desa, saya dapat melihat langsung kondisi desa dan masyarakat, memotong birokrasi sehingga keluhan masyarakat dapat langsung saya apa yang bisa dikerjakan dieksekusi,” ungkap Vandiko.

Bahkan Musrenbang RKPD Sumut 2025, ia telah mengusulkan agar jalan dapat dituntaskan termasuk ruas jalan provinsi lainnya di Samosir. “Mudah mudahan jalan provinsi yang kita nantikan dapat dilanjutkan, dalam Musrenbang kembali dilanjutkan tahun depan” ungkapnya.

Tahun 2024, untuk desa Palipi akan mendapatkan anggaran Rp150 juta untuk penataan perkampungan petak, pembangunan JUT Silubung Rp200 juta, penataan pekarangan SDN 19 Palipi Rp97 juta. Tambahan dari APBD, Rp100 juta untuk peningkatan jalan simpang Sitanduk-tanduk.
Desa Pardomuan Nauli mendapat tambahan anggaran Rp100 juta untuk peningkatan rekontruksi jalan Lumban Sihombing Dusun I dan penambahan lampu jalan Desa Pardomuan Nauli.
“Saya berkomitmen dalam membangun daerah, saya usahakan dan pastikan seluruh desa mendapat anggaran dari APBD” tutup Vandiko. (sumber: starmedia.id)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.