Take a fresh look at your lifestyle.

Jelang Nataru Polda Sumut Imbau Organda Pastikan Sopir Dalam Keadaan Sehat

0 5

MEDAN Polda Sumut mengimbau Organisasi Angkutan Darat (Organda) untuk dapat memastikan kondisi para sopir dalam keadaan sehat dan baik jika mengemudi.

Imbauan itu mengingat arus mudik menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

“Kita dengan otoritas terminal terus mengimbau termasuk dengan Organda agar para sopir dalam keadaan sehat,” kata Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Efendi, melalui Kabid Humas, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Selasa (19/12/2023).

Hadi menuturkan, selain sehat secara fisik, para sopir khususnya Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) juga diimbau tidak dalam keadaan pengaruh minuman beralkohol dan tidak sedang memakai narkotika.

“Sesuatu yang akan kita lakukan mungkin tes kesehatan, tes urine akan ada di beberapa terminal. Kita harapkan bisa memastikan keselamatan masyarakat secara umum, kita lakukan dengan baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktorat (Dit) Lalulintas Polda Sumut memprediksi sebanyak 79 titik daerah berpotensi menimbulkan kemacetan lalulintas selama Nataru 2024 mendatang.

Karena itu, kepolisian terus melakukan mapping dan langkah antisipasi agar kemacetan dapat terurai.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, gelombang pertama puncak arus mudik diprediksi dari 22-24 Desember sampai perayaan Natal 25 Desember.

“Selanjutnya mudik gelombang ke-dua terjadi pada arus mudik 29 Desember hingga akhir libur tahun baru,” kata Hadi.

Adapun lokasi berpotensi menimbulkan kemacetan, salah satunya di Kota Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, serta jalur barat seperti Kabupaten Asahan, Labuhan Batu dan Labuhanbatu Selatan.

“Untuk wilayah Tanah Karo dan Danau Toba diprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan pada perayaan Natal dan Tahun Baru, karena daerah itu juga tempat pariwisata,” tuturnya.(red)

 

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.