Take a fresh look at your lifestyle.

Pasca Banjir Sutam, Polres Palas dan Warga Bersihkan Material Lumpur

0 5

PALAS – Akibat curah hujan yang tinggi dan terus menerus di wilayah Kecamatan Batang Lubu Sutam, sehingga mengakibatkan debit air sungai Sutam Kecamatan Batang Lubu Sutam meluap ke perumahan warga dan badan jalan, Kamis (14/12/2023) Sekira pukul 23.00 WIB.

Puluhan personel mulai dari Kepolisian Resor Padang Lawas (Polres Palas) yang terdiri dari Sat Samapta Polres Palas, Polsek Sosa, Koramil 09/Sosa, Dinsos Palas, Tagana Palas dan masyarakat sigap membantu membersihkan material lumpur yang masuk dan mengotori rumah warga dan badan jalan akibat curah hujan yang tinggi yang terus menerus pasca banjir kembali di Desa Tamiang, Tanjung Barani dan Desa Tanjung Baringin, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Palas.

Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika, S.I.K. melalui Kasat Samapta Polres Palas AKP Muhammad Husni Yusuf, didampingi Kapolsek Sosa Iptu Mulyadi, SH, serta lainnya kepada awak media ini Sabtu (16/12/2023) mengatakan, sebelumnya hujan deras telah mengguyur wilayah Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Palas pada Kamis (14/12/2023) kemarin. Sehingga mengakibatkan sungai Sutam meluap dan merendam perumahan warga masyarakat di tiga Desa, yakni Desa Tamiang, Tanjung Baru dan Desa Tanjung Barani, Kecamatan Batang Lubu Sutam.

Disebutkannya, adapun desa yang terdampak dari meluapnya air sungai Sutam tersebut adalah Desa Tamiang 70 rumah, Desa Tanjung Baru 19 rumah dan Desa Tanjung Barani 14 rumah.

“Dampak dari meluapnya air sungai Sutam dimaksud tidak menghalangi aktifitas warga karena hanya berupa luapan air yang membawa lumpur dan sampah ke pekarangan dan lantai rumah warga setinggi kurang lebih 15 CM,” kata AKP M Husni Yusuf.

Untuk luapan air sungai yang memasuki ke badan jalan di dataran rendah Desa Tamiang Kecamatan Batang Lubu Sutam sempat menghambat arus lalu lintas namun segera surut kembali dan dapat dilewati kendaraan.

Akibat dari luapan sungai Sutam tersebut, masyarakat di Desa Tamiang, Desa Tanjung Baru dan Desa Tanjung Barani Kecamatan Batang Lubu Sutam sempat mengungsi ke dataran tinggi yakni Pesantren Babul Hasanah Desa Manggis Kecamatan Batang Lubu Sutam.

Dikatakan AKP M Husni Yusuf, Pada hari Jumat (15/12/2023), sekira pukul 04.00 WIB curah hujan reda dan debit air sungai surut hingga masyarakat yang mengungsi kembali ke rumah masing-masing.

“Dihari yang sama Jumat pukul 20.00 Wib curah hujan kembali turun di wilayah Kecamatan Batang Lubu Sutam maka Kapolres bersama Waka Polres Kompol Sugianto, S.Pd, saya (Kasat Sabhara Polres Palas), Kapolsek Sosa, Iptu Mulyadi SH, bersama personil Polres Palas, Polsek Sosa dan masyarakat serta lainnya berjaga-jaga di Desa Tamiang Kecamatan Batang Lubu Sutam antisipasi manakala debit air sungai Sutam meluap kembali,” ujar M. Husni Yusuf.

Selanjutnya, Sabtu (16/12/2023) pukul 08.00 WIB M Husni Yusuf dan Kapolsek Sosa memimpin personil Polres Palas dan Personil Polsek Sosa bersama masyarakat melaksanakan kurve/gotong royong membersihkan sisa-sisa lumpur dan sampah yang masuk ke rumah-rumah warga maupun pinggiran sungai Sutam.

Adapun tindakan yamg sudah dilakukan yakni Polres Palas melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas perihal meluapnya air sungai Sutam di Kecamatan Batang Lubu Sutam. Melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Batang Lubu Sutam dan Pemerintah Desa Tamiang, Desa Tanjung Baru, Desa Tanjung Barani untuk mengimbau warga agar tetap waspada pada saat musim penghujan dengan intensitas curah hujan yang tinggi. Personil Polres Palas dan personil Polsek Sosa melakukan kurve/gotong royong bersama – sama masyarakat membersihkan sisa – sisa lumpur dan sampah yang masuk ke rumah warga maupun di pinggiran sungai Sutam. Personil Polres Palas mendirikan tenda tanggap bencana alam dan pengungsian di Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam.

Melakukan tindak lanjut dengan tetap menyiagakan personil Polres Palas dan Polsek Sosa di lokasi rawan banjir guna memonitor perkembangan situasi dikarenakan hingga saat ini curah hujan masih belum menentu khususnya di Kecamatan Batang Lubu Sutam.
Berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Batang Lubu Sutam dan Pemerintah Desa Tamiang, Desa Tanjung Baru, Desa Tanjung Barani guna tanggap bilamana terjadi curah hujan tinggi kembali.

“Situasi terakhir hingga saat ini debit air sungai Sutam sudah surut serta aktifitas masyarakat di Desa Tamiang, Tanjung Baru dan Desa Tanjung Barani Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Palas kembali normal,” jelas M. Husni Yusuf.

Sore hari, lanjutnya, anggota langsung membantu warga mengevakuasi material lumpur yang masuk ke rumah warga paska banjir.

Ditambahkannya, saat ini Polres Palas sudah menyiapkan personel dan peralatan untuk menangani potensi bencana sehubungan dengan perubahan cuaca di wilayah Kabupaten Palas, khususnya dilokasi desa desa yang terkena dampak Kecamatan Batang Lubu Sutam.

“Polres Palas akan terus siap siaga mengantisipasi datangnya bencana seperti terjadinya bencana alam seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor, Saat terjadi bencana, kita sudah siap membantu masyarakat guna tercipta pemantapan Harkamtibmas di wilayah Kabupaten Palas,” pungkas Kasat Samapta Polres Palas. (red)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.