Take a fresh look at your lifestyle.

Polsek Palipi Sapa Pedagang, Pembeli dan Penumpang Kapal

0 4

SAMOSIR – Untuk menjaga keamanan ketertiban masyarakat di pasar dan pelabuhan yang seiring dengan masa tahapan Pemilu 2024, Polsek Palipi turut aktif melibatkan diri dalam mengamankan serta memberikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat.

Dalam rangka itu, Kanit Samapta Polsek Palipi Aipda AM Hutabarat memimpin kegiatan Patroli Jalan Kaki di Pasar Onan Mogang dan Pelabuhan Mogang Desa Pallombuan Kecamatan Palipi, Samosir, Selasa (23/01/2024).

Patroli jalan kaki ini dilaksanakan dengan tujuan memantau dan memonitor kegiatan masyarakat yang beraktivitas di pelabuhan dan di pasar.

Sebagai interaksi dengan para pedagang dan pembeli di Pasar Onan Mogang, personil Polsek Palipi menyampaikan berbagai pesan keamanan.

“Agar masyarakat yang melakukan transaksi jual beli di Pasar Onan Mogang berhati-hati saat membawa barang berharga. Kami juga mengingatkan untuk memposisikan barang berharga di depan badan sebagai antisipasi tindak pidana pencurian atau copet. Kendaraan hendaknya diparkir dengan tertib untuk mencegah kemacetan dan kami mendorong penggunaan kunci ganda pada kendaraan sebagai langkah antisipasi tindak pidana pencurian,” tutur AM Hutabarat.

Terhadap para pedagang, personil Polsek Palipi memberikan imbauan terkait barang dagangan atau barang bawaan pembeli yang mungkin lupa atau tertinggal agar dikembalikan. Mereka juga diingatkan untuk tidak melakukan manipulasi pada timbangan dagangan. Selain itu, masyarakat diharapkan untuk tidak membahas kegiatan politik di pasar, mengingat tempat tersebut adalah area umum yang mungkin dikunjungi oleh berbagai kalangan dengan pilihan politik yang berbeda.

Usai interaksi di Pasar Onan Mogang, kegiatan Patroli jalan kaki dilanjutkan ke Pelabuhan Mogang. Di sana, personil Polsek Palipi memberikan sapaan kepada masyarakat yang baru turun dari kapal. Para penumpang diberikan imbauan untuk berhati-hati ketika turun dari kapal dan petugas Polsek juga membantu mengangkat barang bawaan penumpang.

“Tidak diperkenankan menumpuk barang bawaan di jalan pelabuhan karena berbahaya bagi pengguna jalan,” tegas Brigadir Herman Siahaan yang turut serta dalam kegiatan ini.

Selain itu, dalam pemeriksaan kapal yang akan berlayar menuju Kecamatan Sitio-tio, personil Polsek Palipi memastikan kelengkapan Life Jacket. Penumpang kapal diingatkan untuk segera menggunakan Life Jacket setelah menaiki kapal dan apabila life jacket tidak mencukupi maka penumpang agar turun dari kapal, membatalkan penyeberangannya demi keselamatan.

AKP Parlindungan Sinaga, Kapolsek Palipi menekankan, bahwa kegiatan Patroli jalan kaki di pasar dan Pelabuhan Mogang dilaksanakan setiap hari Selasa, tidak hanya sebagai upaya menjaga keamanan di pasar, tetapi juga untuk memastikan keselamatan penumpang kapal.

“Disaat ini, masa tahapan Pemilu tahun 2024, kami juga mengimbau agar masyarakat tidak membahas politik di tempat terbuka. Hal ini dilakukan untuk mencegah ketersinggungan masyarakat lain yang dapat mendengar percakapan tersebut dan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas atau tindak pidana di tempat umum yang ditimbulkan karena beda pilihan di masa yahapan Pemilu 2024,” kata Parlindungan Sinaga.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kesiapan masyarakat menghadapi Pemilu 2024 dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya menjaga Lamtibmas dan keselamatan bersama. (sumber: starmedia.id)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.