Take a fresh look at your lifestyle.

Baznas Sumut dan Kanwil Kemenag Teken MoU Penguatan Pengelolaan ZIS

0 2

PARAPAT – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumut melakukan penandatanganan kerjasama nota kesepahaman (MoU), di Hotel Khas Parapat, Kabupaten Simalungun, Rabu sore (8/11/2023).

Kerjasama dimaksud tentang penguatan pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut.

Penandatangan berlangsung di sela-sela pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas Sumut yang berlangsung 3 hari, 8-10 November 2023.

Ketua Baznas Sumut Prof Mohd Hatta dan Kepala Kanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi SAg MM, yang diwakili Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf H Abdul Azim MA menandatangani kerjasama tersebut, dan turut disaksikan Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad melalui zoom meeting.

Turut hadir Kabiro Kesra Setdaprovsu Muhammad Rahmadani Lubis SE MM mewakili Pj Gubernur Sumut Mayjen TNI (Purn) Hasanuddin, mewakili Kepolisian Daerah Sumatera Utara Dir Binmas Kombes Pol Mohammad Muslim, serta perwakilan Baznas kabupaten / kota se Sumatera Utara.

Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad memberikan apresiasi atas kinerja Baznas Sumut yang dinilai transparan, akuntabel dan mampu membangun sinergi dan koordinasi yang baik.

“Baznas Pusat memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja Baznas Sumut, karena target-target kepada mustahik sudah sangat luar biasa. Kami berharap apa yang sudah diperbuat ini agar diperkuat lagi dengan perencanaan yang lebih baik,” ujar Noor Achmad.

Rakorda Baznas Sumut

Sebelumnya Ketua Baznas Sumut, Prof H Mohammad Hatta MA dalam sambutannya saat pembukaan Rakorda Baznas Sumut mengatakan, Rakorda tersebut dilaksanakan berdasarkan amanah Rakornas di Jakarta yang mencetuskan 17 resolusi yang ditujukan untuk memperkokoh kelembagaan Baznas melalui penguatan kelembagaan, infrastruktur, SDM dan jaringan.

“Untuk melakukan berbagai penguatan itu tentu dibutuhkan komitmen dan acuan dan pengendalian yang transparan dan akuntabel terkait perencanaan kerja, SOP dan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT),” ujarnya.

Melalui Rakorda ini nantinya akan dilakukan koordinasi untuk memperkuat kedudukan Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural.

Rakorda ini, ujar Mohammad Hatta, sangat penting agar Baznas secara kelembagaan dapat terus berjalan dan berkembang sesuai dengan keinginan umat. Untuk itu, kepada seluruh peserta, Mohammad Hatta berharap kepada peserta agar aktif dan reaktif untuk mengikuti materi-materi yang disampaikan. (Do/zul)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.