Take a fresh look at your lifestyle.

Mas’ud.SH.MH: Adat Budaya Melayu Harus Menjadi Tuan di Hari Jadi Langkat Ke-274

0 2

LANGKAT Tanpa terasa hari jadi Kabupaten Langkat sudah diambang pintu, memasuki usia ke 274 tahun, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Langkat pada tahun 2024 mendatang, bersama dengan Plt.Bupati Langkat yang belum diketahui siapa yang akan dipercaya oleh negara dalam kurun waktu 1 tahun memimpin negeri bertuah ini sampai pada Bupati Langkat terpilih dilantik, Selasa (5/11/2023) pukul 23.28 WIB.

“Siapapun yang akan terpilih menjadi Bupati Langkat kedepan tentunya sudah melewati proses dan merupakan takdir. Namun yang kami harapkan harus ada komitmen dan pengakuan bahwa langkat ini adalah tanah Melayu dan hal ini jangan coba-coba dihilangkan,” tegas Mas’ud.SH.MH yang merupakan Advocat berdarah Melayu dan Aceh kepada wartawan (5/12/2023) malam saat ditemui di ruang kerjanya Jl.Proklamasi Stabat Kabupaten Langkat.

Mas’ud.yang akrab disapa Dimas ini mengatakan, tidak lama lagi kita akan memperingati hari jadi Langkat maka untuk itu harapan kami adalah “Adat Melayu Harus Menjadi Tuan di Hari Jadi Langkat” jangan di setarakan dengan yang lain apalagi di kecilkan. Takut kita kualat pada leluhur Langkat. Langkat ini tanah Melayu tanah tempat lahir dan matinya para sultan jadi harus lebih dari yang lain. Agar kita sejuk dan merasa nyaman di bumi Langkat nan bertuah ini.

Saya sampaikan hal ini, berkaitan dengan adanya surat (draf) hasil notulen rapat persiapan peringatan hari jadi Kabupaten Langkat ke – 275 (17 Januari 1950 – 17 Januari 2024) yang kami baca pada beberapa grup Washap yang menjadi perbincangan hangat oleh masyarakat luas.

Adapun susunan rencana kegiatan pada surat tersebut yaitu :
1. Ustad yang akan memberikan tausiyah pada peringatan hari jadi kab.langkat ke 274 adalah ustad dalam propinsi dengan jumlah undangan 1000 orang.
2. Pemberian santunan kepada anak yatim berjumlah 274 orang diserahkan pada saat pelaksanaan haflah Qur’an.
3. Artis yang memeriahkan peringatan hari jadi Kab. Langkat ke 274. Artis dalam daerah (penampilan Senin budaya dan band lokal) . Artis luar daerah (duo V Band Arabian, Horizon band).
4.Jadwal kegiatan yang direncanakan Rabu 17 Januari 2024 :
Sidang Paripurna, Resepsi,Parade keliling UMKM,Hiburan,Budaya Jawa,Nias,Melayu, Mandailing,Batak Toba, Artis Duo V,Band Horizon.
Kamis,18 Januari 2024 :
Hiburan, Budaya Banjar,Aceh, Banten, Tausiyah, Penyantunan anak yatim, hiburan, Budaya Pakpak,Bali, Simalungun,Karo,Minang, band arabiandan band lokal.

Jika dilihat dari draf rencana kegiatan maka etnis budaya Melayu tidak menjadi etnis yang memiliki peran utama sebagai tuan pada rumahnya sendiri namun hanya sebagai peserta saja.

Kita berharap hendaknya pihak panitia menjadikan simbol adat budaya Melayu lah yang mendominasi kegiatan HUT Langkat tersebut, misalnya berbusana adat Melayu, berornamen Melayu, dan tentunya religius.

Masyarakat Melayu Langkat ini berkarakter berbudi luhur, beradab dan santun tidak pernah mengganggu masyarakat etnis lain yang berada di Kabupaten Langkat ini. Maka pada momen peringatan hari jadi Langkat, selain kita bersyukur kepada Allah SWT, hendaklah kita selalu menghormati dan berterimakasih kepada leluhur yang telah berjuang mendirikan Kabupaten Langkat, dari sistem kerjaaan Langkat pada 17 januari 1750 silam.

“Maka dengan rasa syukur itu , sebagai generasi kita wujudkan rasa tanggung jawab terhadap kemajuan dan kesejahteraan negri bertuah ini. “Terus cintai lah daerah ini dengan sepenuh hati dan mari bersama kita jaga kehormatannya.” cetusnya. (LKT-1)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.