Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkab Samosir Sukses Menggelar Pelatihan Geowisata

0 2

SAMOSIR
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sukses menggelar pelatihan Pemandu Geowisata di Desa Wisata Hutatinggi selama 4 hari sejak 5-9 Desember 2023 lalu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Samosir, Immanuel Sitanggang, Kamis (14/12/2023) di Pangururan.

“Kegiatan pelatihan ini salah satu bagian dari upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pemandu Geowisata yang ada di Kabupaten Samosir,” katanya.

Sementara itu, Dearman Damanik selaku instruktur menilai pelatihan tersebut sangat berguna dilakukan. Mengingat Kabupaten Samosir merupakan salah satu Geowisata yang memiliki potensi unggul.

“Oleh karannya, perlu untuk meningkatkan SDM sebagai pemandunya,” sebutnya.

Menurutnya, dalam menjalankan tugas sebagai instruktur pelatihan, ia menerapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) kepada para peserta pelatihan pemandu Geowisata.

“Seluruh peserta dalam praktik ini dituntut tiga komponen, yaitu pertama selama pelatihan tiga hari secara teori meraka akan mendapatkan teori-teori yang berhubungan dengan geowisata dalam hal ini adalah abiotik,” terangnya.

Abiotik maksudnya disini yang berhubungan dengan kebumian. “Kemudian, Biotik ini yang berhubungan dengan flora dan fauna bahwa perlu kita ketahui Kabupaten Samosir ini mempunyai endemik seperti yang saya sampaikan tadi, dan Culture, budaya, bahwa Kabupaten Samosir ini kaya akan budaya,” paparnya.

Dijelaskannya lagi, kepiawaian seorang pemandu sangat diperlukan disaat menjelaskan dan berinteraksi dengan tamu wisata.

“Ini saya tegaskan dan juga saya sudah sampaikan kepada mereka, kita pelatihan ini bukan untuk menjadi interpreter tapi pemandu Geowisata. Namun kalau ada yang mampu silahkan, saya kira itu yang perlu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Pariwisata dan Kerjasama, Jontiner Sinabutar mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan Geowisata dengan baik.

“Semoga ilmu pengetahuan yang didapatkan para peserta selama pelatihan ini, bisa menambah wawasan dan kemampuan untuk menjalankan tugas sebagai pemandu Geowisata,” harapnya.

Selain itu, Ia meminta kepada seluruh peserta, agar selalu mengutamakan kenyamanan dan kepuasan para tamu wisata yang berkunjung ke Samosir.

“Agar memberikan kesan yang baik, dan dapat berkunjung kembali. Bahkan kemungkinan mengajak teman atau saudaranya,” katanya mengakhiri. (sumber: metrojurnal.com)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.