Take a fresh look at your lifestyle.

Bawaslu Palas Gelar Apel Siaga Pemilu Damai 2024

0 4

PALAS – Guna mengawasi berlangsungnya tahapan Pemilu serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Palas menggelar apel siaga pemilu damai di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Selasa (5/12/2023).

Apel dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Sumut Aswin Diapari Lubis, Plt. Bupati Palas diwakili Asisten I Panguhum Nasution, Ketua DPRD Palas diwakili wakil ketua Irsan Bangun Harahap, Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika, S.I.K., Kepala Kejaksaan Negeri Palas, Ketua Pengadilan Negeri Sibuhuan, Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan, Perwira Penghubung Kodim 0212/Tapanuli Selatan.

Selain itu Ketua KPU Kabupaten Palas, Indra Sahbana Nasution, Ketua MUI Kabupaten Palas, Kakan Kemenag Kabupaten Palas, Kakan Kesbangpol Palas, Alhaji Alamsyah Siregar, Kasat Pol PP dan Damkar Palas, Agus Saleh Saputra Daulay, Kadis Perkimhub Palas, Roni Syaiful, Inspektur Inspektorat Palas, Harjusli Fahri Siregar, Kadis Dikbud Palas. Serta Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Palas, Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa Se-Kabupaten Palas, Kepala Sekretariat Dan Staf Panwaslu Kecamatan, Pimpinan Partal Politik Se Kabupaten Palas, Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama, Peserta Apel Singa Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu Tahun 2024.

Apel siaga ini dipimpin oleh Ketua Bawaslu Palas, Alex Sabar Nasution, dalam sambutannya mengatakan, Pemilu seharusnya menjadi sarana integritas bangsa dan bukan sebaliknya, Pemilu tidak boleh menjadi instrument konflik. Tetapi Pemilu harus menjadi alat perekat, pemersatu dan menjadi sarana penegakan keadilan Pemilu,’’ jelas Alex Sabar Nasution.

Ia meminta kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu di Kabupaten Palas agar tetap menjaga kode etik pengawas Pemilu.

Kita selaku pengawas Pemilu berkewajiban menolak segala bentuk perilaku yang dapat merusak integritas kita selaku pengawas Pemilu.

Ditempat sama Ketua Bawaslu Provinsi Sumut Aswin Diapari Lubis, mengatakan, kampanye telah masuk sejak tanggal 28/11/2023 yang lalu, mulai dari itulah kita tidak bisa lagi, seperti waktu yang sebelumnya. Ini kedepan waktu kita akan tersita terfokus kerja patroli patroli pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran dalam kampanye di Kabupaten Palas.

“Kita semua harus siap siaga, inilah tujuan apel siaga ini untuk mengingatkan semua seluruh jajaran bawaslu se Kabupaten Palas. Bagi saudara saudara kita selalu pengawas TPS, yang jumlahnya sesuai dengan jumlah TPS se-kabupaten Palas,” jar Ketua Bawaslu Sumut.

Selain itu, Ketua Bawaslu sumut kembali mengingatkan kepada seluruh yang hadir, jangan mudah tergoda, janganlah giring diri anda ibu, bapak saudara menjadi pelaku narkoba, tidak ada alasan untuk memperkuat daya tahan tubuh memakai narkoba. Justru akan menenggelamkan saudara menghancurkan hidup saudara.

“Dihapkan juga, kepada seluruh Ketua Ketua Parpol untuk menjaga konduktivitas, kenyamanan, kedamaian di kabupaten Palas,” harap Ketua Bawaslu Sumut.

Pada kesempatan tersebut,bpartai politik yang hadir menyampaikan deklarasi kampanye damai Pemilu tahun 2024.

Apel kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen pemilu damai serta pelepasan Balon ke udara oleh Ketua Bawaslu Sumut, didampingi Forkopimda serta lainnya. (sumber: metrojurnal.com)

 

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.