Take a fresh look at your lifestyle.

Lakoni 12 Besar Liga 2, PSMS Kebut Latihan Taktikal

0 1

MEDAN – PSMS Medan akan melakoni babak 12 besar Liga 2 musim 2023/2024 mulai Sabtu, 6 Januari 2024 mendatang.

Memiliki target lolos ke Liga 1 musim mendatang, tim berjuluk Ayam Kinantan harus melewati fase 12 besar sebagai juara Grup X, atau setidaknya menjadi runner-up terbaik dari tiga grup yang ada.

Sekadar informasi, laga antara PSMS Medan menghadapi Persiraja Banda Aceh menjadi laga pembuka babak 12 besar Liga 2 musim 2023/2024. Pada laga, Sabtu (6/1/2024) tersebut, PSMS Medan akan menjamu Persiraja di Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam, Deli Serdang.

Jelang laga tersebut, PSMS Medan terus berbenah. Seperti diketahui, kendati lolos ke babak 12 besar, tiket itu didapatkan dengan susah-payah, yakni finis di urutan ketiga Grup 1 Liga 2 musim ini atau terbawah dari tiga tim yang melaju ke babak 12 besar di Grup 1, bersama Semen Padang (peringkat 1) dan Persiraja Banda Aceh (runner-up).

Pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson menyadari tantangan yang bakal dihadapi PSMS cukup berat. Oleh karena itu, Coach Miftah, sapaannya, mulai melakukan berbagai persiapan.

“Yang jelas saya sekarang lagi inventarisir strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan) lawan ya. Jadi ya nanti saya buat taktikal untuk latihan, apalagi gim pertama nantikan kita di home menghadapi Persiraja 6 Januari,” ujar Miftah, Minggu (24/12/2023).

Khusus persiapan menghadapi Persiraja, dua laga sebelumnya yang dilakoni di babak grup menghadapi tim asal Kota Banda Aceh itu menjadi modal penting. Dari dua laga itu, Coach Miftah menyebut sudah mempersiapkan taktik dan strategi memaksimalkan laga kandang.

“Kita sudah dua kali ketemu (Persiraja) dan hasilnya masih seri, yang artinya itu pembelajaran yang bagus supaya nanti di match pertama 12 besar itu kita punya banyak tambahan informasi perubahan yang akan dilakukan oleh lawan, maupun yang akan kita lakukan,” jelasnya.

Lolos ke 12 besar dengan mengoleksi 17 poin membuat PSMS Medan menjadi tim dengan koleksi poin paling rendah di banding tiga tim penghuni peringkat 3 di tiga grup lainnya, PSIM Yogyakarta di Grup 2 mengoleksi 21 poin, Gresik United di Grup 3 dengan 19 poin, dan Babel United di Grup 4 mengumpulkan 18 poin.

Namun, dari sisi statistik, PSMS Medan tidak jelek-jelek amat. Memiliki total tembakan ke gawang (shoot on goal) terbanyak di Liga 2 musim ini (76 kali sesuai statistik situs resmi Liga 2), menunjukkan PSMS mampu memainkan skema penyerangan yang efektif, namun sayangnya gagal di banyak penyelesaian akhir.

‘Masalah akurasi ya, memang kita banyak attacking, hanya memang faktor ketenangan sama keberuntunganlah. Ada dua kali lawan Sriwijaya, putaran pertama dan putaran kedua, sama kena mistar, itu harusnya sudah masuk dua-duanya. Memang penyelesaian akhir yang harus saya perbaiki ya,” jelasnya lagi.

Menurut Coach Miftah, kurang dari dua pekan jelang kick-off 12 besar, dirinya beserta staf pelatih lainnya akan terus mengasah persiapan tim.

“Saya akan kebut taktikal yang saya siapkan untuk menghadapi tiga calon lawan kita. Intinya cara bermain akan banyak perubahan, komposisi,” katanya.

Soal kekuatan lawan yang akan dihadapi, termasuk PSIM Yogyakarta, Coach Miftah mengaku tak terlalu khawatir. Menurutnya, dari  pertandingan sebelumnya khusus menghadapi Semen Padang dan Persiraja, dia menilai, kesulitan datang dari timnya sendiri.

“Tidak menyulitkan, yang menyulitkan hanya kita sendiri, ini serius, hanya kita. Individual error terjadi di tim kita membuat kita kecolongan dan lawan beruntung,” ucapnya.

Terkait kiprah Yoseph Ostanika ‘Nico’ Malau yang mencetak dua gol ke gawang Sriwijaya (imbang 2-2) yang meloloskan PSMS Medan ke 12 besar, Coach Miftah menyebut, pemain yang paling siap yang akan diturunkan. Namun dia memastikan tidak akan mengubah komposisi winning team (tim kemenangan) di 12 besar nanti.

“Soal Nico nanti situasional, pemain yang paling siap yang akan saya tampilkan. Tapi saya tidak akan mengubah the winning team, dalam artian the winning team itulah yang akan kita pertajam kelebihannya, dan kita develop kekurangannya untuk perbaikan,” tutupnya.

Jadwal PSMS Medan di Babak 12 Besar Liga 2 2023/2024 :

Sabtu (6/1/2024) Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam (pukul 15.00 WIB)
PSMS Medan vs PERSIRAJA Aceh

Jumat (12/1/2024) Stadion Mandala Krida Yogyakarta (pukul 15.00 WIB)
PSIM Yogyakarta vs PSMS Medan

Rabu (17/6/2023) Stadion H Agus Salim Padang (pukul 15.00 WIB)
Semen Padang FC vs PSMS Medan

Senin (22/1/2024) Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam (pukul 15.00 WIB)
PSMS Medan vs Semen Padang FC

Sabtu (27/1/2024) TBO (To be Obtained) pukul 19.00 WIB
Persiraja Banda Aceh vs PSMS Medan

Sabtu (3/2/2024) Stadion Baharoeddin Siregar Lubukpakam (pukul 15.00 WIB)
PSMS Medan vs PSIM Yogyakarta. (YS)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.