Take a fresh look at your lifestyle.

KPI Diharap Kembangkan Bisnis untuk Kemandirian

0 3

MEDAN (METROJURNALCOM) – Koperasi Keluarga Pers Indonesia (KPI) diminta untuk mengembangkan bisnis sehingga koperasi ini tetap berkelanjutan.

Hal itu diusulkan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, yang telah menjabat selama dua periode sejak 2014-2024.

Usulan tersebut disampaikan saat menerima kunjungan silaturahim pengurus KPI di rumahnya, di Jalan Sei Seruai No 33, Medan Baru, Rabu (15/5) lalu.

Nikson menyarankan, agar KPI memulai bisnis yang sederhana dengan modal kecil sehingga bisa berkembang.

“Rintis bisnis yang diminati dan kerjakan dengan serius. KPI harus bisa menghidupi dirinya sendiri sehingga KPI kelak bisa membuka lapangan kerja,” sarannya.

Ia juga menganjurkan pengurus Koperasi KPI untuk mempelajari dan merencanakan bisnis dengan baik, serta menemukan solusi dengan prinsip gotong-royong. Nikson memberi contoh bisnis durian yang bisa dijalankan KPI, seperti membuka bisnis KPI Durian dan Resto.

“Satu dulu kalian bangun (bisnis-red), tapi fokus. Usaha kecil tapi diseriusi, itu yang penting, eksekusi,” harapnya.

Nikson juga menyarankan, membuka warung KPI yang khusus menjual sarapan murah meriah, karena hal itu potensial menciptakan peluang bisnis yang berkelanjutan. Dalam jangka panjang, KPI bisa mengembangkan usaha menjadi KPI Mart dengan visi 10 tahun, atau merambah ke bisnis properti. Untuk mewujudkan bisnis ini, ia menekankan pentingnya mengoptimalkan jejaring pertemanan yang luas yang dimiliki KPI.

Sementara itu, Ketua Koperasi KPI Devis Abuimau Karmoy dalam kesempatan ini menyambut positif saran serta masukan yang disampaikan Nikson Nababan. Devis menyebut, mantan Bupati Tapanuli Utara dua periode itu memiliki segudang pengalaman yang layak ditiru.

“Beliau (Nikson Nababan) juga mantan wartawan dan pernah merintis usaha dari bawah, pengalaman itu yang kemudian membawa Pak Nikson menjadi Politisi yang unggul seperti saat ini. Masukannya realistis dan membangun, dan konkrit untuk dikerjakan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pengurus Koperasi KPI menyerahkan kartu keanggotaan kepada Nikson Nababan, yang diangkat sebagai anggota kehormatan dan didaulat sebagai Anggota Dewan Pembina Koperasi KPI. Saat ini, Koperasi KPI memiliki belasan anggota aktif yang didominasi oleh wartawan dari berbagai media massa, baik cetak, online, radio, televisi, maupun pewarta foto.

Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Koperasi KPI Devis Abuimau Karmoy, Sekretaris Dedy Hutajulu, dan Bendahara Khairunnisa Lubis.

Acara silaturahim ditutup dengan santap malam dan sesi foto bersama Nikson Nababan. Dedy Hutajulu juga menyerahkan satu eksemplar buku karangannya yang berjudul “Bangun Ekonomi Sedulur” kepada Nikson.

Turut hadir dalam acara tersebut seluruh personel “The Tapanuli Band,” sebuah grup band yang dibentuk dan diasuh oleh Nikson Nababan.

Dengan dorongan dan dukungan dari Nikson Nababan, diharapkan Koperasi KPI dapat mengembangkan bisnis yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif bagi anggotanya serta masyarakat luas. (Zul)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.