Take a fresh look at your lifestyle.

Perajin Kreatif di Pandan Tapanuli Tengah, Buat Sovenir dari Kulit Kerang

0 6

SIBOLGA – Kulit kerang dan cangkang hewan laut seringkali menjadi limbah yang banyak kita temui di laut maupun di tepi pantai.

Bagi warga yang kreatif di pesisir pantai, kulit kerang atau cangkang hewan laut ini, dapat diolah menjadi suatu barang yang menghasilkan uang.

Produk kreatif hasil kerja tangan terampil itu menjadi berbagai bentuk sesuai besar kecilnya bahan yang ada, seperti asbak, hiasan dinding dan kaca cermin, tirai pintu sampai gantungan kunci.

Potensi alam laut itu dimanfaatkan warga sekitar Pantai Pandan Tapanuli Tengah, dalam karya kreatif menjadi souvenir cantik yang bernilai jual tinggi. seperti daerah pesisir pantai lainnya, industri kreatif berbahan dasar kulit atau cangkang kerang tentunya mampu mencuri perhatian pengunjung pantai untuk membeli.

Abdullah penjual dan pengrajin kulit kerang di pandan mengatakan, usaha yang dilakukannya merupakan usaha sumber mata pencaharian keluarga, yang sudah ditekuninya lebih dari 10 tahun. Disebutkannya bahan baku pembuatan karya tangan ini biasanya di ambil dari daerah Tapanuli Tengah dan sebagian di datangkan dari daerah lain.

Untuk sovenir gantungan kunci dijual dengan harga dari Rp10.000 – 15.000, sedangkan untuk pajangan dan hiasan lain sesuai jenis dan bahan dasarnya dibandrol mulai dari Rp30.000 – sampai ratusan ribu.

“Ini bahannya dari limbah laut seperti kulit kerang dan cangkang – cangkang itulah, jadi kita buat se kreatif mungkin agar menarik minat dari para wisatawan yang berkunjung ke sini (Pantai Pandan). Dan ini sudah saya tekuni kurang lebih 10 tahun, juga inilah mata pencaharian buat keluarga,” jelasnya.

Kunjungan masyarakat pada hari libur menjadi harapan Abdullah untuk menuai rezeki ketimbang hari biasa. Namun, selain di jual di area sekitar Pantai Pandan, kerajinan kerang ini juga dipasarkan ke kota besar seperti Medan, Padang dan Pekanbaru karena adanya pesanan. (Riz)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.