Take a fresh look at your lifestyle.

Hari Juang TNI AD 2023: Prajurit Akan Terus Tumbuh Untuk Membela Nusa dan Bangsa

0 2

MEDAN  – Peringatan Hari Juang ke-78 TNI AD Tahun 2023 harus menjadi momentum, bahwa Prajurit TNI AD akan tetap tumbuh untuk membela nusa dan bangsa.

Penegasan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, MSC, yang mengutip kalimat heroik Jenderal Besar Sudirman itu disampaikan melalui Video Conference kepada seluruh Pangkotama TNI AD termasuk Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan yang menyaksikannya dari Gedung AH Nasution Makodam Bukit Barisan, Jumat pagi (15/12/2023).

Pangdam mengikuti vidcon tersebut seusai memimpin upacara peringatan Hari Juang ke-78 TNI AD di Lapangan Hijau Makodam Bukit Barisan.

Dalam upacara itu, Pangdam yang membacakan amanat Kasad menyampaikan ucapan “Selamat Hari Juang ke-78 TNI AD Tahun 2023” kepada segenap prajurit dan PNS TNI AD beserta keluarga, teriring ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian selama ini.

Hari Juang TNI AD yang mengusung tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI”, merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para Pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

“Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus
terus memperkuat Kemanunggalan TNI AD dengan Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam melestarikan alam,” ucap Mayjen Hasan.

Kemanunggalan TNI AD-rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan di era globalisasi ini, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial.

Di sisi lain, Mayjen Hasan juga menyampaikan penegasan Kasad kepada seluruh Prajurit TNI AD untuk selalu memegang teguh komitmen Netralitas TNI menjelang tahun politik tahun 2024 ini.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan cita-cita para pahlawan, yaitu menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat,
adil dan makmur. Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif serta selalu siap
sedia untuk membela keutuhan NKRI,” tutup Mayjen Hasan.

Apresiasi dan Reward

Di kesempatan yang sama, Mayjen Hasan juga memberikan apresiasi dan reward kepada 11 orang Prajurit jajaran Kodam I/BB atas dedikasinya dalam ikut mengatasi bencana alam erupsi Gunung Merapi di Sumatera Barat, dan bencana longsor disertai banjir bandang di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

“Di dalam piagam itu saya tuliskan apa yang telah Prajurit lakukan, sehingga saya harapkan itu menjadi pemacu semangat untuk berbuat lebih baik di masa depan,” ucap Mayjen Hasan.

Tak hanya itu, Pati bintang dua abituren Akmil 1989 itu juga memastikan penerima piagam akan mendapatkan prioritas untuk melanjutkan pendidikan.

“Para Prajurit yang menerima piagam ini akan bisa mendahului untuk sekolah, dan ini sebagai apresiasi serta reward dari apa yang telah dilakukan,” ungkapnya.

Adapun 11 Prajurit penerima piagam di Hari Juang ke-78 TNI AD Tahun 2023 di wilayah Kodam I/BB, terdiri dari:

Delapan orang Prajurit Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti, yakni Letda Inf Puji Basuki, Serda Geby Andrian, Praka Bambang Nurdiansyah, Praka Mulyadi, Pratu Nasrudin, Pratu Jefri Telambahua, Prada Muhammad Arifin, dan Prada Dodi Absalom.

Kemudian tiga orang Prajurit Kodim 0210/Tapanuli Utara, yakni Serda Basirun Sianturi, ⁠Serda Super Alpian Nababan dan Koptu Haradongan F Lumbangaol.

Hadir dalam acara, di antaranya Kasdam, LO TNI AL, LO TNI AU, para Asisten, para Kabalak, serta para Dansat BS.(sumber: metrojurnal.com)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.