Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Samosir Buka Kick of Meeting KLHS RPJMD 2025-2029

0 1

SAMOSIR (HARIANSTAR.COM) – Bupati Samosir Vandiko Gultom diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang membuka pelaksanaan Konsultasi Publik (Kick of Meeting) Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Samosir 2025-2029.

Kegiatan diikuti Pimpinan OPD dan Camat Se-Samosir, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, dan undangan lainya dengan narasumber yakni: Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf, MP (Guru Besar Konservasi Tanah dan Pengelolaan DAS, USU) dan Dr. Dimpos Manalu, M.Si (KSPPM, Dosen Universitas HKBP Nommensen)

Kadis Lingkungan Hidup Pemkab Samosir, Edison Pasaribu menyampaikan hal ini bertujuan untuk mengharapkan keterlibatan instansi, organisasi masyarakat, filantropi dan pelaku usaha dalam pengkajian pembangunan berkelanjutan, untuk capaian target dari setiap perangkat daerah yang nantinya akan merumuskan kebijakan program KLHS RPJMD Samosir 2025-2029.

Penyusunan KLHS RPJMD 2025-2029 akan melalui beberapa tahapan yaitu, kick of meeting, rapat koordinasi identifikasi dan pengumpulan data, uji publik, rapat koordinasi perumusan, dan validasi KLHS ke Gubernur Sumut.

Sementara itu, Asisten Perekenomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, menyampaikan untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan, Kepala Daerah di Indonesia wajib melaksanakan penyusunan KLHS RPJMD maupun KLHS RPJPD, Senin (18/3/2024).

“Untuk Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) ini merupakan salah satu instrumen yang digunakan dan diamanatkan oleh undang-undang untuk memberikan masukan terhadap penyusunan RPJMD, agar dokumen kajian yang disusun, dipastikan telah memperhatikan dan mengintegrasikan semua prinsip pembangunan berkelanjutan didalamnya,” paparnya. (JB Rumapea)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.