Take a fresh look at your lifestyle.

Pelantikan PW GPA Sumut, Yakin Sitorus Apresiasi Kepemimpinan Pj Gubsu Hasanuddin

0 1

MEDAN – Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA) Sumatera Utara periode 2023 – 2028, yang dikomandoi oleh Nurul Yakin Sitorus (NYS), resmi dilantik Ketua Umum Pimpinan Pusat Aminullah Siagian, di Hotel Grand Antares, Medan, Kamis (7/3/2024) malam.

“Pelantikan pengurus ini sudah lama kami agendakan, dengan pertimbangan yang matang, memilih hari ini yang tepat kami laksanakan. Kami ucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh dewan penasehat, dan pembina, senior, dan kader GPA, berserta seluruh pihak yang ikut serta mensukseskan pelantikan penting ini,” ucap Ketua Panitia Erwinsyah Putra.

“Di samping itu juga, tentunya kami manusia biasa mempunyai banyak kekurangan, mohon maaf dengan segala keterbatasan yang kami dimiliki,” sebut Erwin di hadapan para undangan.

Ketua GPA Sumatera Utara Nurul Yakin Sitorus dalam sambutannya mengingatkan, kepada pengurus yang baru dilantik untuk lebih memahami tugasnya masing-masing di dalam organisasi.

“Pemuda Al Washliyah harus tetap menjadi garda terdepan dalam membela agama, bangsa dan negara. Terlebih sebentar lagi masuk bulan Ramadhan, mari bersama kita jaga ulama, tebarkan kebaikan, ciptakan kenyamanan dan kedamaian dalam menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan,” ungkap Yakin Sitorus.

Pada kesempatan itu, Yakin juga mengapresiasi kinerja Pj Gubernur Sumatera Utara, yang dinilai cukup baik dalam menjalankan tugasnya.

Pj Gubernur Sumut dinilai telah berhasil menjaga kondisi sosial politik dan kemasyarakatan di Sumut yang aman dan kondusif, khususnya pada Pemilu 2024 baru lewat.

Terkini, rotasi pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, juga mendapat apresiasi dari GPA Sumut.

Pj Gubsu Dinilai Berhasil

Yakin Sitorus menilai, penyegaran di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara perlu dilakukan.

“Kami apresiasi upaya PJ Gubernur dalam merotasi bawahannya di Pemprov. Ini memang harus dilakukan, agar ada penyegaran kinerja di lingkungan Pemprovsu. Keberanian PJ Gubernur mengambil tindakan ini perlu kita dukung bersama, agar para pejabat Eselon II yang tidak merasa nyaman dengan posisinya saat ini sehingga bekerja alakadarnya di dinasnya masing-masing,” ujar Yakin.

Menurut Yakin, jika perlu PJ Gubernur memberikan KPI (Key Performance Indicator) kepada seluruh pejabat eselon 2 dan membentuk tim pemantau KPI dari setiap pejabat di eselon 2.

“Rotasi saya pikir hal yang harus dilakukan, apalagi kalau pejabatnya ga becus dalam bekerja. Segera saja digantikan. Kalau boleh saya usul, Pak Pj Gubernur juga menyusun KPI bagi setiap pejabat eselon 2 nya. Kenapa ini penting, agar kerja-kerja dapat diukur secara kualitatif bagi performa yang diukur secara spesifik dengan batas waktu tertentu. KPI juga membantu tim untuk membuat target, membayangkan milestones, hingga memberi ruang bagi insight yang dapat membantu tim membuat keputusan secara lebih baik,” sambung Yakin.

Ia memberikan contoh dalam hal penanganan harga bahan pokok yang biasanya naik pada saat Ramadhan.

“Contoh pada saat Ramadhan harga bahan pokok naik. Pejabat Eselon II misalnya yang menangani perkara ini, mereka harus mampu membantu Gubernur dalam memberikan solusi yang terukur dalam menyelesaikan masalah ini. Solusi jangka pendek, menengah dan panjang harus dilakukan. Nah kalau ada yang tidak mampu bekerja, ya memang harus dilakukan rotasi ataupun pergantian, agar cita-cita memberikan kesejahteraan bagi masyarakat tetap terjaga,” ungkap Yakin.

Ia pun mengucapkan selamat kepada para para pejabat Eselon 2 yang baru dilantik. Semoga menjadi pejabat yang amanah, mampu bekerja secara baik, dan terhindar dari korupsi.

10 Program Prioritas Meningkat

Lebih lanjut, Yakin menilai kebijakan yang dilakukan Pj Gubsu Hasanuddin sudah cukup baik hingga saat ini. “Situasi sosial politik baik-baik saja. Pelaksanaan pemilu juga secara umum berjalan normal tanpa kendala. Kondisi kamtibmas juga tidak ada masalah,” ujar Yakin yang juga kerap dipanggil NYS.

Dikatakannya, 10 program prioritas pembangunan telah mengalami peningkatan di bawah kepemimpinan Pj Gubsu Hasanuddin.

Yakin juga apresiasi kepedulian Pj Gubsu pada penanganan persoalan-persoalan kesehatan yang ada. Mulai dari penanganan stunting, kesehatan ibu melahirkan, hingga penyediaan prasarana dan dokter-dokter spesialis.

“Begitu juga dalam peningkatan kualitas layanan publik dinilai sudah lebih baik. Dari 29 OPD dan 33 UPTD Sumut sudah memiliki SOP untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat dan transparan,” sambungnya.

Yakin Sitorus kemudian mengapresiasi kebijakan penanggulangan kemiskinan oleh Pj Gubsu, yang telah mengalokasikan anggaran pengurangan kemiskinan pada APBD perubahan 2023, sebesar Rp1,5 triliun.

“Membangun rumah tidak layak huni, bantuan sambungan listrik bagi masyarakat tidak mampu, pemugaran permukiman kumuh dengan seluas, bantuan operasional pendidikan. Merupakan upaya yang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam mengurangi wilayah kantong kemiskinan,” katanya.

Untuk bidang pariwisata, Sumut juga telah sukses menggelar berbagai event dunia, dan menaikkan level Sumut di mata internasional.

“Dan sesaat lagi, Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024, bersama Aceh. Berbagai persiapan sudah tampak hampir rampung. Tentu saja, kinerja ini juga kita apresiasi dan akan kita dukung hingga suksesnya pelaksanaan nanti,” ungkap Yakin.

Solid dan Kompak

Kegiatan pelantikan berjalan dengan sukses dan di bai’ah langsung oleh ketua umum Pimpinan Pusat GPA Aminullah Siagian, didampingi sekretaris M Fadillah beserta pengurus pusat lainnya.

Dalam pesannya, Aminullah meminta pengurus GPA Sumut untuk tetap solid dan saling bergandengan tangan dalam mencapai tujuan organisasi.

“Gerbong ini harus tetap solid, kompak, saling merangkul. Jadikan organisasi yang kita cintai ini sebagai ladang ibadah, jangan surut ditengah jalan walau pun penuh dengan rintangan, karena kita Pemuda tetap memiliki tanggung jawab kepada agama, bangsa, dan menjaga keutuhan NKRI ini,” ujar Aminullah Siagian.

Aminullah berharap kepada pengurus yang baru dilantik untuk membesarkan organisasi GPA di Sumatera Utara.

“Kami percayakaan kepada Nurul Yakin Sitorus hari sebagai ketua, beserta pengurus GPA Sumut untuk mengibarkan bendera GPA keseluruh pelosok Sumatera Utara, dengan tetap menjaga nama baik organisasi,” pungkas Aminullah.

Pelantikan ini dihadiri ketua PW Al Washliyah Sumut Dedi Iskandar Batubara, Sekretaris Alim Nur Nasution, Bendahara Dedi Iskandar SE. hadir juga mantan ketua GPA Dtm Hasan Maturidi, H Isma Padli A Pulungan. Senioren GPA M Nursyam Asmarkhandi, Zul Fadli Lubis, Mahrizal SE, Syahbela Siagian.

Perwakilan Pemprov Sumut H Baharuddin Siagian, LPM Sumut, Gamki Sumut, IPM Sumut, BM PAN Sumut. Anggota DPR Medan Ade Taufik. PD GPA Medan, PD GPA Labura, PD GPA Batubara, PD GPA Simalungun. dan seluruh organisasi bahagian Al Washliyah, Muslimat, APA, ISARAH, IGDA, HIMMAH, dan IPA. (Sukri)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.