Take a fresh look at your lifestyle.

Pelayanan Bidan Desa Singa Dikeluhkan Warga

0 5

KARO (.COM) – Pentingnya peran Bidan Desa (Bindes) dalam pelayanan kesehatan ibu melahirkan dan anak yang dilahirkan tidak bisa di lalaikan.

Maka dari itu Bidan desa harus bertugas secara maksimal dalam melakukan tugasnya dalam melayani masyarakat di tempat bertugas.

Namun hal tersebut tidak dirasakan warga Desa Singa Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo. Seperti yang di ungkapkan salah satu warga desa berisial Gg (50) saat di konfirmasi di sekitar  Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Singa, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Jumat (29/12/2023).
Begitu juga dengan warga lainya mengatakan, bahwa Bindes yang berinisial HS, dinilai belum maksimal dalam melakukan pelayanan kesehatan di desanya.

Menurutnya, masih banyak saudara atau keluarganya yang mau melahirkan harus ke klinik/Rumah Sakit lain di luar desa. Itu akibat Bindes dinilai belum maksimal dalam melakukan pelayanan.

Keluhan serupa juga dikatakan Sbr (40) kalau untuk pertumbuhan/ perkembangan dan gizi anak perhatiannya sangat minim.

“Jika ibu-ibu sehabis dibantu melahirkan dalam kurun waktu tertentu tidak melakukan konsultasi perkembangan dan tumbuh kembang anak balitanya, bidan desa harus proaktif mengunjungi ke rumah yang bersangkutan,” ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat memperhatikan pertumbuhan balita dengan baik, bidan desa diminta menggalakkan sosialisasi mengenai pentingnya memberikan makanan bergizi, vitamin dan imunisasi bagi balita.

“Melalui upaya tersebut, diharapkan ke depan anak-anak tumbuh besar secara sehat dan menjadi generasi penerus bangsa yang kuat, sehat, cerdas dan berkualitas. Namun hal ini tidak dapat kami rasakan,”  ungkapnya.

“Harapan kami warga agar Dinas Kesehatan Kabupaten Karo memperhatikan hal tersebut. Kami membutuhkan bidan yang betul – betul peduli dan paham tugas pokok fungsinya,” ujar beberapa masyarakat yang adi di tempat saat dikonfirmasi.

HS yang hendak di konfirmasi awak media di Puskesmas Desa Singa tidak berhasil.

Kadis Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Br Sembiring saat di konfirmasi melalui pesan  Whatsapp pada Jumat, (29/12/2023) terkait Bindes yang tidak maksimal dalam bertugas, sampai saat ini belum ada tanggapan. (red)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.