Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Pelabuhan Belawan Selesaikan 2.033 Kasus Tindak Pidana Tahun 2023 

0 2

MEDAN – Polres Pelabuhan Belawan menyelesaikan 2.033 kasus tindak.pidana selama tahun 2023.

Hal itu disampaikan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban saat mengelar konferensi pers akhir tahun 2023 di Aula Wira Satya Polres Pelabuhan Belawan, Jumat, (29/12/2023).

Polres Pelabuhan Belawan dianggap berhasil dengan pengungkapan berbagai kasus, dan menciptakan wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan melalui Kamtibmas tetap kondusif.

Pengungkapan kasus yang terjadi sepanjang tahun 2023, Polres Pelabuhan Belawan, menerima 3.054 jumlah tindak pidana, dan yang terselesaikan berjumlah 2.033, dan dari kejahatan tadi ada kejahatan konvensional sebanyak 2.791, dengan jumlah yang terselesaikan sebanyak 1.804 serta kejahatan transaksional sebanyak 263, dan yang terselesaikan sebanyak 229.

Untuk kasus menonjol di tahun 2023, jumlah tindak pidana yang diterima Polres Pelabuhan Belawan yakni curas (pencurian dan kekerasan) sebanyak 89, yang terselesaikan berjumlah 71, kemudian curat (pencurian berat) berjumlah 726 kasus, yang terselesaikan berjumlah 561, curanmor 745, dan yang terselesaikan 32, penganiayaan berat 195, yang terselesaikan 195, kemudian judi 16 dan yang terselesaikan 15 serta pengancaman dan pemerasan berjumlah 23, dan yang terselesaikan sebanyak 13.

Diakhir tahun Polres Pelabuhan Belawan, berhasil mengungkap 26 tersangka dari berbagai kasus kejahatan yang terjadi di Wilayah Polres Pelabuhan Belawan dengan jumlah 12 laporan polisi dengan jumlah tersangka sebanyak 16 orang yang terjerat Anirat (penganiayaan Berat), dan juga ada pencurian sebanyak 6 orang yakni pencurian minyak milik Pertamina, dan sisanya adalah pencurian besi jembatan tol Belmera dan pencurian rokok.

Polres Pelabuhan Belawan juga berhasil melakukan Gerebek Kampung Narkoba (GKN) dengan 263 kasus narkoba melibatkan 298 tersangka. Barang bukti yang berhasil diamankan mencakup 614,67 gram shabu, 1.703,17 gram ganja, dan 112 butir ekstasi.

“Dalam upaya memberantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan, kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak dan melakukan tindakan preventif serta razia yang intensif,” ungkap Kapolres.

Ia juga menyampaikan akan meningkatkan Kamtibmas dan juga segera menyelesaikan kasus-kasus yang menjadi permasalahan di wilayah Polres Pelabuhan Belawan.

“Seluruh kejahatan berawal dari peredaran narkoba maka narkoba juga akan kami berantas,” tegasnya.

Kapolres juga mengapresiasi dedikasi dan kerja keras seluruh anggota yang telah berkontribusi dalam menegakkan hukum dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan kepolisian dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Pertemuan itu dihadiri Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan, AKP Zikri Muammar, Kasat Narkoba AKP Muhammad Abdi Harahap, Kasi Humas, Iptu Hamzar Nodi, Kapolsek Medan Labuhan, AKP P S Simbolon, dan personel. (Deni).

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.